Selayang Pandang, Hari Pertama KKN 37 di Basecamp tercinta



Kegiatan KKN 37 dimulai saat kami melakukan pemberangkatan dari kampus pada hari selasa tanggal 25 Desember 2018. Titik kumpul kami berada di salah satu kost anggota KKN 37. Pukul 10.00 WIB kami tancap gas menuju Desa Tengket Kecamatan Arosbaya, perjalanan kami tempuh kurang lebih 40 menit. Balai desa yang menjadi posko kami untuk 1 bulan kedepan harus kami buat senyaman mungkin. Hari pertama saat tiba dilokasi, kami habiskan untuk membersihkan basecame, membuat dapur serta membersihkan halaman sekitar balai.
Selepas dari itu kami istirahat hingga mulai malam hari kami lanjutkan untuk rapat koordinasi dengan anggota. Pembukaan KKN kami dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2018. Pembukaan dilaksanakan dengan adat khas Desa Tengket, tidak seperti pembukaan KKN pada umunya. Pembukaan kami dilaksanakan pada malam hari yang dihadiri oleh perangkat desa, kapolsek, koramil, tokoh masyarakat serta warga sekitar. Rangkaian acara diantaranya sambutan, penyampaian proker, serta doa bersama.

pembukaan dengan warga desa tengket
foto bersama dengan anggota kapolsek arosbaya
foto bersama di balai desa 
foto bersama di balai desa
Sebelum malam tahun baru kami di briefing oleh Pak Bilal (Perangkat Desa), kami dibekali pengetahuan- pengetahuan tentang potensi alam yang ada di desa tengket. Tak lama kemudian, kami menyusun jadwal untuk mengunjungi beberapa tempat produksi. Diantaranya mengunjungi produksi kerupuk kerang, produksi trasi dari udang rebon, perebusan birsa (rajungan), serta peternakan ikan lele.




kunjungan ke tempat produksi kerupuk kerang

kunjungan ke tempat produksi rajungan
kunjungan ke nelayan rajungan
Pada malam tahun baru tidak kami lewatkan begitu saja, acara bakar- bakar ikan laut menemani malam tahun baru kami. Acara bakar- bakar yang sederhana tadi membuat kami lebih akrab dengan sesama anggota. 



                                                                                                                


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengembangkan Potensi Pangan Masyarakat Pesisir Desa Tengket Kec Arosbaya Bersama KKN 37 Universitas Trunojoyo Madura

ATONG (Abon Tongkol) Produk Unggulan KKN 37 Desa Tengket

Pelatihan Game Berbasis Android Proker IT Ala Mahasiswa KKN 37 Universitas Trunojoyo Madura.