Mengembangkan Potensi Pangan Masyarakat Pesisir Desa Tengket Kec Arosbaya Bersama KKN 37 Universitas Trunojoyo Madura




Masyarakat merupakan sumber daya manusia yang menjadi penggerak roda kehidupan baik di desa maupun di kota. Sedangkan mahasiswa sebagai pemuda yang dituntun memiliki jiwa peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar.  Kepedulian mahasiswa khusunya pada aspek sosial kemsyarakatan harus diwujudkan dengan upaya pengembangan- pengembangan yang berupa inovasi yang berkelanjutan. Kepdulian mahasiswa kepada masyarakat dapat diwujudkan melalui pengabdian, hal ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian & pengabdian. Pengabdian mahasiswa salah satunya diimlementasikan melalui kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN Universitas Trunojoyo kali ini bertemakan “Membang

un Kemandirian Masyarakat Madura Melalui Pembangunan Pangan dan Ekonomi Kreatif”. Besar harapan dari pelaksanaan KKN yakni mampu menerapakn ilmu dari hasil perkuliahannya sehingga mahasiswa diharapkan dapat memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat.
KKN 37 Universitas Trunojoyo Madura melakukan pengabdian di Kecamatan Arosbaya, tepatnya di Desa Tengket. Jumlah anggota yang terdiri dari 15 orang mahasiswa dari berbagai Program Studi.

foto bersama di balai desa tengket


Tengket merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkala. Desa Tengket termasuk dalam desa yang luas, yang terdiri dari 7 dusun. Wilayah yang luas juga diimbangi dengan jumlah penduduk yang tidak sedikit yakni 7289 orang. Mayoritas mata pencaharian warga setempat ialah nelayan dan petani. Hal ini sesuai dengan sumber daya alam yang menjadi potensi Desa Tengket yakni wilayah barat terdapat sungai menuju laut sedangkan wilayah timur merupakan wilayah pertanian dari Desa Tengket.
Potensi alam Desa Tengket menjadi sebuah keunggulan hingga saat ini. Diantara potensi alam yang sangat menyumbang yakni dari wilayah maritim. Sebagian besar perekonomian masyarakat didapatkan dari potensi laut. Hasil tangkapan dari nelayan ada yang langsung dijual pada pengepul, di pasar, bahkan diekspor. Namun beberapa warga yang memiliki jiwa wirausaha akan mengolah hasil laut menjadi produk unggul. Salah satu dari produk unggulan Desa Tengket ialah olahan trasi dari udang rebon, kerupuk dari kerang, petis rajungan, olahan makanan dari lele.


Foto tempat embuatan terasi

Foto Pengemasan di tempat pembuatan Terasi
Foto pembautan kerupuk

KKN 37 kali ini berkesempatan untuk mengolah hasil potensi alam Desa Tengket menjadi produk yang  dapat diunggulkan. Ketersediaan Ikan Tongkol melirik kami untuk mengolahnya menjadi produk baru yakni abon tongkol serta nugget berbahan tongkol. Produk yang kami angkat murni dari hasil potensi Desa Tengket. Inovasi yang dikembangkan oleh KKN 37 mulai dari rasa, kemasan, desain produk, hingga pemasaran. Selain dari olahan tongkol, KKN 37 juga mengusung selai mangga. Mengingat melimpahnya hasil mangga yang tidak terolah dengan baik. Perlunya inovasi baru pada olahan mangga diharakan mampu meningkatkan nilai ekonomis dari pendapat warga setempat.


Foto produk KKN 37

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ATONG (Abon Tongkol) Produk Unggulan KKN 37 Desa Tengket

Pelatihan Game Berbasis Android Proker IT Ala Mahasiswa KKN 37 Universitas Trunojoyo Madura.

Selayang Pandang, Hari Pertama KKN 37 di Basecamp tercinta