Pelatihan Game Berbasis Android Proker IT Ala Mahasiswa KKN 37 Universitas Trunojoyo Madura.




Oleh : Abyadl Amrullah

Rabu (16/1/2019) pagi. Mahasiswa KKN Mandiri kelompok 37 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar pelatihan pembuatan game berbasis Information and Technology yang memanfaatkan kecanggihan Android. Pelatihan yang berlangsung di SMK Negeri 1 Arosbaya di Kabupaten Bangkalan berlangsung dengan antusias dan meriah. Pelatihan pembuatan game diikuti oleh siswa- siswi mulai kelas X- XII dengan antusias sehingga membuat acara menjadi meriah dan penuh semangat. Pelatihan pembuatan game tersebut menggunakan aplikasi android yang memanfaatkan handphone milik siswa- siswi SMK Negeri 1 Arosbaya.
Guru SMK N 1 Arosbaya Saiful Mahrus mengatakan bahwa pelatihan yang berlangsung meriah tersebut mampu melatih siswa- siswi dalam mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dengan harapannya mampu dilanjutkan dengan inovasi lainnya. Pelatihan pembuatan game ini merupakan gagasan dari salah satu program kerja KKN kelompok 37  di Desa Tengket Kecamatan Arosbaya. Acara tersebut berdampak sangat positif terutama bagi siswa- siswi SMK Negeri 1 Arosbaya dan para guru yang mengikuti acara tersebut.

Penanggung jawab program kerja pelatihan pembuatan game bebrbasis android mengungkapkan bahwa siswa- siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Siswa- siswi mampu menyelesaikan projek pembuatan game sesuai dengan waktu yang ditentukan, bahkan beberapa siswa mampu menyelesaikannya dengan cepat. Konsep kegiatan ini pemaparan oleh pemateri dan dibentuk kelompok untuk dipilih yang terbaik, selain itu kegiatn ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa- siswi dalam menunjukkan bakatnya melalui kreasi pembuatan game, meningkatkan semangat kompetisi dan melatih kreatifitas siswa- siswi untuk menginovasikan game- game yang sudah ada.

Untuk pemenang lomba kami menyediakan hadiah berupa alat tulis dan goody bag untuk juara 1, 2 dan 3. Hal ini mendapatkan respon baik dari panitia LPPM yang mengungkapkan bahwa proker yang diadakan tidak monoton dalam olahan produk makanan melainkan berupa pelatihan bakat pelajar. Harapannya dari pihak sekolah kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga mampu mengembangkan inovasi game yang lebih edukatif untuk pelajar di Indonesia.
Anggota : Abyadl Amrullah, Iva Lailatul, Khasanah, Qori Agustin Nurhamidin, Adi Sucipto Jakfar, Badriatus Sholihah, Wahyu Asma Yusufin, Linda Khoiriyana, Darul Hikmah, Hanifiyah, Elis Setyawati, Atikotul Maulana, Abdul Khalim, Ahmad Rizal F, Nikmatul Janah, Murdika Setia Minsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengembangkan Potensi Pangan Masyarakat Pesisir Desa Tengket Kec Arosbaya Bersama KKN 37 Universitas Trunojoyo Madura

ATONG (Abon Tongkol) Produk Unggulan KKN 37 Desa Tengket

Selayang Pandang, Hari Pertama KKN 37 di Basecamp tercinta